CIRI-CIRI VIRUS DAN BAKTERI

Halo disini admin akan memberitahui tentang ciri2 virus dan bakteri
langsung aja liat ciri2 nya dibawah ini!!! :)
 

virus tidak dapat diamati menggunakan mikroskop cahaya karena ukurannya sangat kecil, yaitu sekitar 0,2 mikron. virus hanya dapat diamati melalui mikroskop elektron.
tubuh virus hanya terdiri dari asam inti ( DNA saja atau RNA saja ) dan selubung protein. virus tidak dapat digolongkan ke dalam organisme seluler karena tidak memiliki sitoplasma dan organel. oleh karena itu tubuh virus yang demikian, ada sebagian ahli yang mengatakan bahwa virus adalah molekul yang besar. virus dapat dikristalkan ( ciri benda mati ), tetapi dapat hidup kembali didalam tubuh makhluk hidup  sehingga dapat menginfeksi.

bentuk virus beraneka ragam. ada yang bulat , berbentuk batang , dan ada pula yang bentuknya seperti huruf T

tubuh bakteri hanya terdiri dari satu sel dan berukuran 4 - 8 mikron ( 1 mikron = mm ). bentuk sel bakteri ada yang bulat ( kokus ), batang ( basil ), dan spiral ( spirillum ). meskipun berukuran kecil, jika berkelompok ( berkoloni ), bakteri dapat terlihat. dimakanan basi, koloni bakteri tampak seperti lendir, percikan mentega, atau percikan susu. koloni bakteri ada yang berwarna kekuningan atau kemerahan. diselokan yang penuh bahan organik, koloni bakteri tampak seperti serabut berwarna putih.
Previous
Next Post »

Selamat Datang Di Zefhan Blog
Berkomentarlah yang Baik xD
ConversionConversion EmoticonEmoticon