Habitat Dan Nisia

HABITAT DAN NISIA :

didalam ekosistem, habitat atau tempat hidup organisme sangat erat hubungannya dengan nisia . untuk mengetahui hubungan keduanya dengan lebih jelas ,  perhatikanlah Penjelasan Berikut.



HABITAT :
suatu organisme mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan organisme lainnya. kebutuhan tersebut diperolehnya dari lingkungan. oleh karena itu , organisme tertentu hidup di lingkungan dengan kondisi tertentu pula. tempat hidup alami organisme disebut habitat.
   habitat menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi makhluk hidup. misalnya , habitat semut hitam adalah di kebun atau di semak-semak. habitat kadal di sela-sela rerumputan atau di semak-semak.

NISIA : 
didalam habitatnya setiap makhluk hidup mempunyai peranan tertentu, yaitu melakukan hal yang dapat dilakukan oleh makhluk hidup di habitatnya. contohnya, dibawah semak-semak yang sama, semut mencari sisa-sisa bahan organik , sedankan kadal mencari serangga. jadi , peranan semut dan kadal berbeda, meskipun berada di habitat yang sama . peranan makhluk hidup di habitatnya tersebut disebut nisia. nisia berkaitan dengan jenis makanan, cara mencari makanan , dan waktu mencari makanan.
   nisia terbentuk untuk menghindari persaingan ( kompetisi ) antar spesies. misalnya, dipucuk tanaman hidup kutu dan daun ulat . kutu daun menghisapcairan tumbuhan, sedangkan ulat memakan daunnya. pada habitat yang sama, kedua hewan tersebut dapat hidup berdampingan karena masing masing memiliki nisia yang berbeda. contoh lain adalah burung pemakan serangga yang mencari makan di siang hari , sedangkan kelelawar mencari makan di malam hari . antara kedua jenis hewan tersebut tidak terjadi kompetisi karena waktu pencarian makan yang berbeda. jadi, burung pemakan serangga dan kelelawar pemakan serangga dapat hidup di habitat yang sama , tetapi nisianya berbeda.
    dari uraian itu dapat dikatakan bahwa habitat itu melupakan "alamat" organisme , sedangkan nisia merupakan "pekerjaan" organisme.

NB: Bila Salah Kata Mohon Dimaafkan :)
Previous
Next Post »

Selamat Datang Di Zefhan Blog
Berkomentarlah yang Baik xD
ConversionConversion EmoticonEmoticon